tips

Tumbler Plastik Berbahaya ? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Disini !

Tumbler Plastik Berbahaya, Simak Kelebihan dan Kekurangannya Disini !

Souvenirtumbler.net – Saat ini penggunaan botol minum plastik atau yang banyak dikenal dengan nama tumbler sedang menjadi trend di kalangan masyarakat. Trend botol minum reusable ini sangat didukung oleh banyak pihak termasuk pemerintah karena dapat membantu mengurangi penggunaan sampah plastik dari botol minum kemasan plastik sekali pakai. Tak hanya itu, tumbler juga dapat mempermudah kita untuk menyimpan dan membawa minuman kemana-mana sehingga tidak perlu membeli minuman kemasan lagi di luar. Dengan adanya tumbler kamu jadi lebih mudah minum minuman menyegarkan bahkan saat dalam perjalanan atau aktivitas tertentu.

Namun kepopuleran tumbler membuat banyak kabar simpang siur yang berbedar seperti halnya berita bahwa tumbler plastik berbahaya untuk kesehatan karena terbuat dari bahan plastik. Padahal nyatanya hal ini belum tentu benar karena ada beberapa faktor yang memengaruhi kualitas tumbler plastik seperti jenis plastik yang digunakan, bagaimana proses pembuatannya, dan apakah tumbler dirawat dengan baik selama masa pemakaian.

Tapi agar kamu tidak termakan berita hoaks yang berakibat fatal maka kali ini kami akan memberitahukan beberapa kelebihan dan kekurangan tumbler plastik yang bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika memilih tumbler baik untuk pemakaian pribadi atau promosi. Yuk langsung aja simak di artikel berikut ini !

  1. Bahan Plastik Yang Digunakan Food Grade

Bahan Plastik Yang Digunakan Food Grade merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan tumbler plastikSebelum membahas lebih jauh tentang tumbler plastik atau mitos dan fakta lainnya, hal pertama yang perlu kamu ketahui mengenai tumbler plastik adalah biasanya bahan yang digunakan untuk membuat tumbler plastik itu sangat beragam. Ya, plastik juga memiliki beragam jenis, namun untuk membuat tumbler biasanya produsen tumbler menggunakan bahan plastik food grade sehingga aman digunakan untuk menyimpan minuman. Meskipun bahannya plastik tapi jika plastik yang digunakan itu sudah teruji kualitasnya maka bisa digunakan untuk membuat wadah makanan atau minuman. Seperti misalnya plastik polypropylene, tritan, as dan lainnya. Jadi pastikan kamu tahu jenis plastik apa yang digunakan untuk membuat tumbler ya. Biasanya dibagian bawah tumbler dilengkapi kode-kode angka serta tulisan food grade atau BPA free yang menandakan bahwa tumbler itu aman digunakan. Jadi gak selamanya yang berbahan plastik itu bahaya ya, selagi kita pandai merawat nya maka akan baik-baik saja digunakan.

  1. Materialnya Lebih Ringan dan Mudah Dibawa

Materialnya Lebih Ringan dan Mudah Dibawa merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan tumbler plastikJika dibandingkan dengan tumbler jenis lain, maka tumbler plastik jadi salah satu tumbler yang paling banyak digunakan karena materialnya lebih ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Bahkan tumbler plastik juga tidak akan menambah beban yang lebih besar ketika disimpan di dalam tas bersama benda lainnya. Jadi gak heran kan kenapa banyak yang pakai tumbler plastik terutama untuk anak-anak, karena tumbler plastik sangat cocok untuk mereka yang baru belajar konsisten minum air.

  1. Banyak Pilihan Model

Banyak Pilihan Model merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan tumbler tumbler plastikSelain materialnya yang ringan, tumbler plastik juga banyak digemari karena pilihan model nya yang lebih banyak dari tumbler jenis lain seperti stainless atau alumunium. Hal ini karena bahan plastik biasanya lebih lentur saat dipanaskan (proses pembuatan) sehingga modelnya jadi lebih bervariasi. Ada yang dibuat dengan model sport biasa, ada yang dilengkapi tali, ada yang model tutupnya dengan handle dan masih banyak lagi. Jika kamu suka koleksi tumbler-tumbler unik maka tumbler plastik bisa jadi pilihan yang tepat.

  1. Harganya Lebih Terjangkau

Harganya Lebih Terjangkau merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan tumbler tumbler plastikKelebihan tumbler plastik berikutnya adalah harga yang dibandrol untuk tumbler plastik relatif murah, bahkan lebih murah dari jenis tumbler lain. Hal ini tentu saja karena bahan material yang digunakan pun lebih terjangkau dan mudah didapat sehingga harganya lebih murah. Meskipun murah kualitasnya juga bagus tergantung jenis plastik yang digunakan dan model yang dipilih. Tumbler plastik sangat cocok dijadikan pilih souvenir saat mengadakan acara karena harganya yang terjangkau sehingga tidak memerlukan budget yang terlalu besar.

  1. Bisa Didaur Ulang

Bisa Didaur Ulang merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan tumbler tumbler plastikEits ada yang tahu gak nih ternyata tumbler plastik yang sudah tidak terpakai juga bisa didaur ulang lho, jadi sisa sampahnya gak akan merusak lingkungan. Yups, tumbler plastik bisa didaur ulang karena bahan plastik yang digunakan termasuk jenis yang bisa di daur ulang. Entah itu dijadikan karya kerajinan tangan atau menjadi peralatan lain yang berguna untuk sehari-hari seperti sikat, tas, kacamata dan barang lainnya.

  1. Mudah Rusak

Mudah Rusak merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan tumbler tumbler plastikJika sebelumnya sudah membahas kelebihan tumbler plastik, kali ini kami akan beritahu juga kekurang tumbler plastik agar kamu lebih mudah memilih tumbler. Untuk kekurangan yang pertama dari tumbler plastik adalah sifat bahannya yang mudah rusak sehingga untuk masa pemakaiannya tidak begitu lama seperti tumbler stainless. Tumbler plastik lebih rentan dan mudah rusak sepertii saat tidak sengaja terjatuh permukaannya bisa pecah dan bocor sehingga harus lebih hati-hati ketika membawa tumbler plastik. Beberapa jenis plastik sebenarnya ada yang tidak mudah pecah juga, namun harganya jelas lebih mahal dari tumbler plastik pada umumnya. Untuk permukaan tumbler sendiri gampang mengalami perubahan warna jika tidak rutin dicuci sehingga nantinya akan numbuh lumut dan bakteri. Hal ini lah yang membuat tumbler plastik cepat kusam dan tidak bisa digunakan lagi. Jadi kamu harus merawat tumbler plastik lebih ekstra ya.

  1. Tidak Bisa Menyimpan Air Panas

Tidak Bisa Menyimpan Air Panas merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan tumbler plastikKekurangan lain dari tumbler plastik adalah bahannya yang tidak bisa digunakan untuk menyimpan minuman dengan suhu panas sehingga pemakaian nya jadi lebih terbatas. Tumbler plastik hanya bisa digunakan untuk menyimpan minuman dengan suhu normal atau dingin, jika mau membawa air panas maka kamu tidak bisa gunakan tumbler plastik karena akan merubah bentuk tumbler. Selain itu tumbler plastik juga tidak bisa disimpan dalam suhu yang terlalu dingin karena permukaannya bisa pecah, jadi jangan sampai kamu menyimpan tumbler berisi minuman di freezer ya. Kalau mau kamu hanya bisa simpan tumbler di pendingin biasa.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan tumbler plastik yang harus kamu tahu, jadi berita tumbler plastik itu berbahaya benar atau tidak nih ? Tumbler plastik aman-aman saja untuk digunakan ya sobat, asalkan kamu juga merawatnya dengan benar sehingga tidak akan adda pertumpukan bakteri atau lumut yang dapat merubah rasa minuman atau membahayakan kesehatan tubuh. Jadi pastikan kamu mengetahui benda yang kamu gunakan dengan baik ya. Untuk keamanan setidaknya kamu harus memilih tumbler plastik yang terbuat dari jenis plastik terbaik seperti tumbler yang ada di souvenirtumbler.net, semua jenis tumbler kami terbuat dari material yang berkualitas sehingga aman digunakan oleh siapa saja. Jadi jangan sampai kamu pilih tumbler ya, pilih yang berkualitas hanya di souvenirtumbler.net !

Demikian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kamu ya, jangan lupa share artikel ini juga ke teman, kerabat atau keluarga kamu agar mereka tau info seputar tumbler plastik. Ajak mereka juga untuk mulai gunakan tumbler ya agar bumi tetap terjaga. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya, bye bye ! 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published.