tips

Jangan Lakukan Ini Agar Sisa Kopi Tetap Segar Dalam Waktu Lama !

Jangan Lakukan Ini Agar Sisa Kopi Tetap Segar Dalam Waktu Lama !

Halo guys ! Jaman sekarang sepertinya semua orang udah gak asing lagi deh sama yang namanya minuman kopi, minuman dengan cita rasa dan aroma khas banget. Kini kopi menjadi minuman paling populer di kalangan masyarakat, terutama anak-anak muda milenial. Bahkan banyak masyarakat rutin mengkonsumsi kopi terutama saat pagi hari dan ketika beraktivitas. Apalagi setelah adanya pandemi banyak kedai/café yang menjual minuman kopi dengan ukuran yang lebih besar dengan tujuan agar bisa dinikmati bersama keluarga atau teman dirumah. Setelah pandemi berlalu pun hal ini masih menjadi kebiasaan masyarakat untuk membeli minuman kopi dengan ukuran yang lebih besar. Selain harganya yang lebih hemat, kita juga jadi lebih puas untuk minum kopi kapanpun tanpa harus bolak-balik pergi ke kedai kopi.

Namun perlu kamu ketahui, kopi seduh harus langsung dikonsumsi sampai habis agar tidak basi dan mengganggu kesehatan jika tidak sengaja terminum. Maka dari itu kamu perlu tahu bagaimana cara menyimpan kopi seduh yang benar agar tetap bisa dinikmati saat tidak langsung habis diminum. Bahkan saat kamu menyimpannya dengan tepat maka kopi bisa tahan lebih lama tanpa merubah cita rasa nya. Nah buat kamu coffe addict alias pecinta kopi wajib tahu nih caranya, jangan sampai kopi yang jadi minuman favorit mu terbuang sia-sia karena tidak menyimpannya dengan baik.

Ada banyak kesalahan yang sering dilakukan saat menyimpan kopi seduh sehingga cita rasanya berubah dan menjadi kurang segar seperti tidak meletakannya di tempat yang kering, mencampurnya dengan benda berbau tajam dan banyak lagi. Oleh karena itu agar kamu tidak salah lagi kali ini kami telah merangkum beberapa tips menyimpan kopi dengan baik agar tetap segar dan tahan lama. Yuk kepoin tipsnya di artikel berikut ini !

  1. Jangan Simpan Kopi Di Suhu Ruangan Terlalu Lama

Jangan Simpan Kopi Di Suhu Ruangan Terlalu Lama merupakan salah satu tips menyimpan sisa kopiTips pertama yang wajib kamu tahu adalah jangan pernah menyimpan atau membiarkan kopi yang telah di seduh di suhu ruangan terlalu lama. Hal ini bisa menjadi penyebab utama mengapa kopi cepat basi, karena pada suhu ruangan kopi bisa lebih mudah terpapar bakteri. Terlebih jika suhu ruangan cukup panas maka akan membuat bakteri lebih cepat berkembang dan kopi jadi mudah basi. Biasanya kopi yang kemasannya sudah dibuka bisa tahan di suhu ruangan hingga 1 hari tapi ketika tutupnya ditutup dengan rapat ya, jika dibiarkan begitu saja maka kopi tidak bisa tahan lama bahkan tidak sampai 6 jam.

  1. Simpan Dalam Tumbler Tahan Panas

Simpan Dalam Tumbler Tahan Panas merupakan salah satu tips menyimpan sisa kopiUntuk kopi berukuran besar biasanya kedai kopi mengemasnya dengan kemasan botol plastik sekali pakai. Nah agar tidak memicu terjadinya kontaminasi antara zat kandungan plastik terhadap kopi, kamu bisa segera memindahkan kopi kedalam wadah lain seperti misalnya tumbler tahan panas. Tumbler tahan panas memiliki fitur yang mirip seperti termos air dimana bisa menyimpan suhu minuman tahan lebih lama. Nah, untuk kamu pecinta kopi yang suka minum kopi panas atau hangat bisa coba simpan kopi mu di tumbler ini. Sebenarnya ada banyak sekali jenis tumbler bagus untuk menjadi wadah kopi favoritmu, seperti yang ada di souvenirtumbler.net (cek disini untuk melihat koleksi tumbler kami). Dengan tumbler yang tahan panas maka kopi mu akan tetap panas lebih lama dan cita rasanya tidak akan berubah walaupun disimpan dalam waktu yang lama.

  1. Tutup Rapat Wadah Penyimpanan Kopi

Tutup Rapat Wadah Penyimpanan Kopi merupakan salah satu tips menyimpan sisa kopiApapun wadah yang kamu gunakan, sebaiknya jangan lupa untuk memastikan tutupnya tertutup dengan rapat dan tidak bercelah agar udara luar tidak mudah masuk kedalamnya. Jika udara masuk maka kopi bisa dengan mudah terpapar bakteri yang membuat kopi jadi mudah basi. Jadi pastikan kamu selalu menutup kembali wadah kopi mu setelah selesai diminum ya,jangan sampai hewan-hewan kecil seperti semut menghampiri kopi mu.

  1. Simpan Kopi di Kulkas

Simpan Kopi di Kulkas merupakan salah satu tips menyimpan sisa kopiTips berikutnya adalah jangan lupa untuk segera menyimpan kopi yang sudah diminum dan tersisa di kulkas atau freezer ya guys. Karena seperti di poin sebelumnya, kopi tidak bisa tahan lama jika disimpan dalam suhu ruangan. Lebih setelah minum kamu langsung simpan sisanya di kulkas agar tetap segar dan bisa tahan lebih lama, mungkin bisa tahan 2-3 hari setelah kemasan dibuka. Menyimpan kopi di kulkas juga akan membuat kopi jadi lebih nikmat saat diminum siang-siang, tapi jangan simpan di dekat benda/makanan yang berbau tajam yaa. Bisa-bisa aroma kopi akan tercampur dengan makanan tersebut.

  1. Segera Habiskan Kopi

Segera Habiskan Kopi merupakan salah satu tips menyimpan sisa kopiTips terakhir yang sebenarnya cukup penting adalah jangan menyimpan kopi yang telah diseduh terlalu lama karena rasanya pelan-pelan pasti akan berubah. Jadi lebih baik kamu membeli atau menyeduh kopi sesuai dengan kebutuhan mu saja untuk sekali minum untuk menghindari yang namanya mubazir. Kalau kopi sudah tidak enak diminum kan nanti jadinya dibuang, sayang banget kan. Jadi beli dan seduh secukupnya ya, jika memang ada sisa segera habiskan jangan menunggu hingga berhari-hari.

Nah guys itu dia beberapa tips menyimpan minuman kopi agar cita rasanya tetap nikmat dalam waktu yang lebih lama. Kira-kira kamu tipe orang yang minum kopi langsung habis atau engga nih ? Kalau engga berarti wajib catat tips diatas yaa. Kalau kamu mencari wadah penyimpanan kopi yang tepat bisa cek souvenirtumbler.net karena disana ada banyak sekali pilihan tumbler keren yang cocok untuk kopi mu. Modelnya juga keren sehingga kece bingit deh untuk digunakan sehari-hari, yuk segera hubungi customer service kami.

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kamu ya, jangan lupa share ke teman kamu yang penggila kopi banget ! :😊

Leave a Reply

Your email address will not be published.